Saturday, June 1, 2013

Pondok Sate Djong Djogja

Saya diajak oleh teman kerja saya untuk ramai-ramai mencicipi tempat makan enak di daerah Pejompongan, tepatnya di Jalan Penjernihan. Namanya resto pondok sate Djong Djogja. Kami pergi sekitar berdelapan dan saya hanya duduk manis di dalam mobil karena tidak tahu jalan. 

Ketika sampai di restonya, tempat ini cukup terpencil karena masuk ke tikungan buntu dan terlihat beberapa mobil terparkir di depan resto. Saat saya datang, wuih, resto ini ramai. Menu utama resto ini adalah ayam dan kambing meski dari menu yang ditawarkan resto ini juga menjual beberapa menu lainnya seperti gado-gado, karedok, tongseng dan lainnya. Karena ramai, kami memesan beberapa menu dengan kelipatan supaya tidak terlalu lama menunggunya.
Menu yang ditawarkan
Interior
Di depan resto ini, Anda akan disambut oleh kabut asap dimana sate dibakar. Aromanya? tentu nikmat. Tidak hanya disambut asap, Anda juga bisa melihat kuali besar tempat tahu sumedang sedang dimasak. Nah, kata teman saya tahu disini juga gurih. Tempatnya cukup besar dengan ada beberapa meja panjang dan beberapa meja kecil di bagian belakang. Untuk dapur dan kasir akan berada di sisi kiri ruangan resto.

Review
Karena sudah sangat lapar, langsunglah kami memesan makanan.Sempat bingung mau makan 'tengah' atau makan sendiri-sendiri. Namun setelah pertimbangan tidak mencukupi, kami memesan porsi untuk sendiri-sendiri saja. Total menu pesanan kami adalah tahu sumedang, sate ayam, sate kambing, sate hati, tong seng, dan Sup Iga.

Tahu Sumedang
Karena penasaran dengan ocehan teman saya yang terus menerus mengatakan tahu sumedangnya enak, langsunglah kami memesan 3 porsi tahu sumedang. Dan benar, tahu sumedangnya enak, loh. Ukurannya besar dan meski di bagian tengah tahunya agak kosong, namun rasa gurihnya bikin ketagihan dan bikin pengen ngunyah terus. Untuk penyedap rasa, ditambahkan juga cabe rawit dan kecap manis. Jadi, tidak heran kami memesan 3 porsi lagi. #Oops
Tahu Sumedang dengan bumbunya. Enak
Sate ayam
Berisi sepuluh tusuk untuk satu porsinya. Kami memesan dua porsi karena jumlah kami cukup banyak. Untuk saya, rasa bumbunya terasa meski saya berharap kacangnya lebih banyak. Daging ayamnya juga empuk. #Bolehlah.
Wah, sudah ada yang mencomot saja satenya saat mau difoto makanannya.
Sate kambing
Nah, ini adalah menu kesukaan saya karena rasa sate kambingnya sungguh enak. Bumbunya sangat pas di lidah, dan juga disajikan dengan irisan kol yang bikin rasanya enakcampuraduk. Kami memesan dua porsi sate kambing dimana satu porsi dihadirkan dengan jumlah delapan tusuk. Karena beberapa teman kerja sudah cukup berumur dan memiliki masalah kolesterol. Jadilah saya sebagai pihak termuda disuruh menghabiskan satu porsi ini untuk saya sendiri. #Yes!!
Sate hati
Nah, untuk Anda penyuka hati, sate ini cocok untuk Anda. Rasanya renyah loh. Berbeda dengan sate hati yang sudah pernah saya cobai sebelumnya, sate hati disini jauh ini lebih enak. Rasanya agak menempel di rongga mulut rasanya (terlalu lebay gak ya?) ya, Anda harus mencoba sate hati apabila mampir ke sini. Jumlah satu porsi delapan tusuk ya.
Sate hati
Tong seng
Nah, ini adalah menu pesanan teman saya. Jangan tertipu oleh fotonya yang terlihat kecil karena ternyata menu sup disini porsinya besar! dijamin apabila Anda memesan sendirian, susah menghabiskannya. Kebetulan saya bukan penyuka tongseng, jadi saya melewati menu yang satu ini.

Sup Iga
Untuk menu satu ini jujur tidak ada di menu, tetapi resto ini menyediakannya. Kata teman saya sih karena karena tidak semua orang mau memakan menu ini jadi menu ini dirahasiakan di resto ini. Jadi apabila Anda ingin memesannya, Anda harus memesannya langsung. Sup iganya juga sama seperti tong seng dimana ukurannya besar. Rasanya? Mantaap! Kuah iganya terasa dan iganya juga gurih dan ukurannya tergolong besar. 
Sup Iga. Terlihat gurih, nikmat dan menggugah selera makan Anda kan? #sokiklan

Es Kelapa Muda
Ini adalah minuman pesanan saya. Dan saya kaget saat minuman ini disajikan ternyata ukurannya besar. Tidak heran harganya sedikit lebih mahal. Namun worth banget kok es kelapa mudanya karena kelapa yang disajikan cukup banyak dan tebal dagingnya. Pokoknya selama acara makan berlangsung, es kelapa muda ini belum habis. hihi ..


My Opinion
Untuk saya pribadi, apabila Anda penyuka makanan ayam dan kambing. Tempat ini perlu Anda sambangi. Namun kalau bisa datang ramai-ramai, jangan cuma sendirian karena porsi yang disajikan disini cukup besar. Untuk saya dan teman-teman yang memesan menu-menu disini, jumlah kami berdelapan tetapi masih ada banyak makanan tersisa loh. Jadinya kami membungkus makanan ini untuk dibagi-bagikan ke teman kantor lainnya. Dan ya, saya tidak makan lagi malamnya karena masih terasa kenyang. 

Total makan kami berdelapan dengan menu ini sekitar 600rb (tapi menunya ada yang double loh. Sate kambing 2, sate ayam 2, sup iga 2), jadi satu orang membayar sekitar 75rb untuk menu super kenyang (dan masih ada sisa bungkus juga). Jadi harganya tergolong worth kan?

Saya juga berencana untuk membawa teman-teman gereja saya makan disini karena teman-teman gereja saya nafsu makannya bisa dibilang .... gigantic?
-----------------------------------------------------------------------------------
Food/ Drink Price Range :20rb-50rb/ item
Class Range : Middle - Low
Variety : Sate, Kambing
Quality& Taste : 9/10
Service : 8/10
Promo : -
Tax : -
Branches : Jalan Penjernihan

No comments:

Post a Comment